Selasa, 19 Juni 2012


Pengenalan internet

Internet adalah Dua buah komputer atau lebih yang saling terhubung membentuk jaringan komputer di duna (world web) yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
Internet Menggunakan standardisasi protokol TCP/IP
Sejak 1999, Internet telah memiliki 200 juta pemakai di seluruh dunia, dan jumlah ini terus meningkat cepat dan Lebih dari 100 negara terhubung dengan internet untuk menukar data & informasi

Internet Service Provider (ISP)
Yaitu Perusahaan yang menyediakan jasa internet sehingga seseorang dimungkinkan untuk terhubung dengan jaringan internet
Layanan dasar dari ISP : email, web hosting
- Pemilihan ISP :
a. Akses lokal untuk menghindari SLJJ
b. Reliabilitas tinggi (jarang down) dan akses 24 jam
c. Koneksi dengan kecepatan yang tinggi



Koneksi ke Internet

Jenis – jenis Layanan Internet

Protocol TCP/IP
Transmission Control Protocol/Internet Protocol
Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet
Protokol ini mensyaratkan bahwa setiap komputer dalam jaringan internet harus memiliki identitas yang unik yang dinamakan nomor atau alamat IP (IP Address)
Alamat IP terdiri dari empat bilangan dengan masing-masing bernilai 0 sampau dengan 255, dan antar bilangan dipisahkan oleh tanda titik


FTP (File Transfer Protocol)
Adalah protokol yang berfungsi untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya
SiteFTP menyediakan buku-buku, artikel, software ,games, images, sound, multimedia, data dsb
Memiliki perintah yang memungkinkan user melakukan koneksi ke
remote komputer untuk mengambil beberapa file

DNS (Domain Name System)
Yaitu Sistem yang memetakan domain ke alamat IP/versi teks dari IP Address
Tujuan untuk mempermudah pengaksesan suatu resource di internet
Contoh:
http:www.uii.ac.id �� http://202.162.37.164
uii = nama domain
ac = jenis layanan
id = kode negara
http://www.imagineitcenter.com ?
imagineitcenter = nama domain
com = jenis layanan

WWW (World Wide Web)
Yaitu Sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan hypertext
Web menggunakan protokl HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP
Dokumen web ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language) yang diletakkan dalam web server dan diakses oleh klien melalui web browser. Mengakses web dari web browser perlu menyebutkan URL (Uniform Resource Locator)
URL (Uniform Resource Locator)
Adalah Alamat dari sebuah resource yang dapat diakses di Internet.
Terdiri dari: Jenis protokol , Alamat IP/nama domain dan Nama file
Contoh: http://www.imagineitcenter.com/index.php



Top Level Domain
Second Level Domain
Bagian dari alamat yang mengidentifikasi organisasi
- Klasiber.uii.ac.id
- Informatics.uii.ac.id
- Ndr7.wordpress.com

Web Browser
Yaitu Aplikasi yang mengirimkan request ke server HTTP dan menerima response dari server HTTP
Contoh : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Google Chrome,Netscape Navigator, Dll…
Web Programming
HTML (HIPER TEXT MARKUP LANGUAGE)
HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web dan HTML kini merupakan standar Internet yang saat ini dikendalikan oleh World Wide Web Consortium (W3C). 
Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML. 
Yang dimaksud dengan HyperText adalah beberapa teks yang ada dalam dokumen HTML memuat informasi yang menghubungkan ke lokasi yang berbeda, baik dalam satu struktur dokumen atau ke alamat lain di internet. SedangkanMarkup Language merupakan bagian spesifik pada dokumen yang mengindikasikan bagaimana suatu informasi akan ditampilkan pada web browser. 
HTML Ekstensi : Untuk menyimpan file HTML ekstensi yang digunakan adalah .htm atau html. Dan Ekstensi yang paling sering digunakan adalah .html

Tags HTML


Pada tanggal 30 Oktober 2007 yang baru lalu, Google secara resmi meluncurkan sebuah standar pemrograman atau API (Application Programming Interface) yang diberi nama Google Open Social. Standar ini memungkinkan pengembang software untuk membangun aplikasi yang di host dan dapat mengakses atau memanfaatkan data pribadi anggota dari beberapa portal jejaring sosial yang bergabung dalam project ini, seperti Orkut, Salesforce, LinkedIn, Ning, Hi5, Plaxo, Friendster, Viadeo dan Oracle. Selain dapat mengakses data pribadi, standar pemrograman ini juga memungkinkan sebuah aplikasi memanfaatkan informasi tentang relasi antar satu individu dengan individu lainnya, bagaimana mereka saling kenal, kesamaan apa saja yang mereka miliki, minat dan selera masing - masing individu dan tentang aktivitas atau perkembangan lainnya yang terjadi yang relevan dengan profile individu - individu tersebut.
Google bukan yang pertama. Sebelumnya, portal jejaring sosial yang sedang naik daun, Facebook.com juga mengeluarkan apa yang disebut Facebook Platform.Standar pemrograman yang memungkinkan pengembang software untuk membangun aplikasi dengan mengakses data dan informasi dari individu - individu yang tergabung di dalam portal jaringan tersebut, atau yang mereka sebut sebagai Social Graph. Bedanya adalah, pengembang software harus menggunakan bahasa pemrograman yang khusus dikeluarkan oleh Facebook, dan aplikasi yang dihasilkan hanya dapat di host di Facebook. Sementara dengan Open Social, aplikasi yang dapat dibangung menggunakan javascript dan HTML ini dapat di host di berbagai portal yang turut berpartisipasi.
Apa yang ditawarkan oleh Facebook.com dengan platform developmentnya itu memang terbukti menarik minat banyak orang untuk mengunjungi dan berinteraksi di portal tersebut. Misalnya, bagaimana orang - orang menjadi antusias melihat siapa saja yang memiliki minat yang sama tentang suatu jenis atau judul film. Kemudian, dari informasi tentang "kesamaan" dan "ketidaksamaan" itu, mereka bisa kemudian menganalisa data pribadi - pribadi orang lain, dan seterusnya.
Semakin menarik membayangkan apa yang dapat dilakukan dalam sebuah portal jejaring sosial. Tak cuma sekedar berbagi kata dan cerita, kini bergabung dalam portal jejaring sosial juga berarti berinteraksi dan berkomunikasi secara lebih interaktif dengan rekan - rekan di manapun mereka berada. Tak heran, perang memperebutkan data diri dan dan data relasi antar individu kini menjadi sesuatu yang serius dan melibatkan para pebisnis online dan software raksasa.
Google sempat "kecolongan" dengan kesepakatan senilai 240 juta dolar Amerika yang dibuat antara Microsoft dan Facebook, yang menjadikan Microsoft sebagai pemegang hak beriklan di Facebook.com sekaligus memberikan kepemilikan portal jejaring sosial ini kepada konglomerat software itu sebesar 1,6%. Memang, Facebook saat ini dapat dikatakan menjadi the raising star dengan popularitas yang terus menjulang, dengan 73,5 juta unique visitor selama bulan September 2007, Facebook saat ini telah menjelma menjadi perusahaan bernilai 1,5 miliar dolar Amerika. Sebagai perusahaan dengan fokus iklan berbasis internet, Google tentu sangat menginginkan untuk dapat memiliki pula hak beriklan di Facebook yang diyakini dapat menjadi lahan subur bagi para pemasang iklan.
Kita lihat saja, apakah Google dengan para portal pendukung Open Social dapat menandingi Facebook yang didukung oleh Microsoft. Kita lihat juga bagaimana perang perebutan kue iklan di internet ini akan berkembang ke mana lagi setelah ini. Dan kita, sebagai individu - individu yang datanya sangat diinginkan oleh para pebisnis ini silakan saja menikmati berbagai fasilitas dan kegairahan ber-network ria melalui berbagai portal jejaring sosial.
Mencari platform open social networking yang mau dipakai untuk produk di Ocentrum, saya mencoba beberapa platform:
  1. Elgg, kelihatannya ini platform yang paling ideal. Dibuat menggunakan PHP5, dengan fungsi-fungsi yang sederhana. Memang ditujukan untuk itu. Agar bisa dikembangkan. Sebagai platform dasar, elgg menjalankan tugasnya dengan baik. Bisa override fungsi seperti Drupal, sehingga tidak perlu otak-atik core-nya untuk mengganti sesuatu. Ini agar bisa diupgrade tanpa mengganggu situs produksi. Banyak fungsinya yang spesifik PHP5 membuat saya harus buka kebetan lagi. Kelemahannya satu, dokumentasinya masih sedikit, dan plugin komunitasnya belum terlalu banyak (halah, sudah gratis minta slamet). Lisensinya juga GPL
  2. PHPIzabi, ini sudah lama dicoba. Kelemahannya ada di lisensinya, yang sangat terbatas. Dan source codenya tidak terlalu rapi.
  3. iSocial – belum sempat coba. Tapi kelihatannya cukup menjanjikan. Lisensinya GPL.
  4. Spree – lebih ke sharing knowledge. Mungkin cocok untuk helpdesk Linux.
Baru itu cobanya. Ada juga yang berplatform RoR, Insoshi. Kelihatan simpel dan mirip aplikasi bikinan 37signals. Tapi sekarang belum waktunya belajar bahasa baru.
Sebelumnya sudah oprek Drupal. Tapi terlalu banyak effortnya, dan terlalu kompleks modul yang dilibatkan. Akhirnya, menggunakan Elgg. Saat ini masih coba modifikasi hingga sesuai dengan yang diinginkan

FACEBOOK
Facebok merupakan situs yang layanan utamanya adalah layanan jejaring sosial. Apa sih jejaring sosial? Agar lebih mudah memahaminya ya anggap saja pengertian jejaring sosial sama dengan jaringan sosial.
Jejaring sosial merupakan struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah jejaring sosial ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
istilah lain dari situs jejaring sosial adalah situs pertemanan, dengan situs pertemanan ini kamu bisa mencari dan mendapatkan banyak teman jika telah terdaftar dalam situs pertemanan ini. Karena situs pertemanan ini menggunakan jaringan internet tentunya teman teman yang kamu dapatkan bisa dari berbagai daerah, baik dalam negeri maupun luar negeri.
Di indonesia dulunya situs layanan jejaring sosial dirajai oleh friendster, tapi berbeda dengan saat ini. Saat ini yang sangat begitu populer adalah layanan dari facebook. Facebook mampu mengalahkan friendster karena memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan facebook, yang bisa membuat orang lebih suka padanya
ampilan facebook lebih simpel dibanding situs jaringan sosial lainnya yang lebih menonjolkan grafis seperti friendster, myspace, dan lain lain.

Menu lebih lengkap dan mudah untuk dimengerti sehingga memudahkan para pengguna facebook yang masih pemula (newbie).
Di facebook kita dapat mengetahui siapa-siapa saja teman kita yang sedang online dan terdapat fasilitas chatting online, sehingga pengguna dapat melakukan chating secara langsung dengan pengguna lainnya yang sedang online
Dalam hal translate bahasa, facebook nomer satu. Karena facebook menyediakan layanan translate bahasa-bahasa yang lebih lengkap.
Di facebook, anda akan merasa sangat nyaman karena tidak adanya iklan yang tampil di profil facebook anda.
Info-info facebook lebih lengkap seperti lowongan pekerjaan, universitas, dll.
Keamanan account terjamin.
Aplikasi di facebook tidak kalah menarik dengan aplikasi situs jaringan sosial lainnya.
Kebanyakan artis, pejabat, penyayi, grup band, dan lain lain juga menggunakan facebook sebagai situs jaringan sosial yang mereka andalkan.
Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga saat ini, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

  1. Facebook melauncing Facebook Connect, aplikasi Great Apps bagi costumisasi aplikasi. Program ini memudahkan developer menerjemahkan aplikasi mereka ke dalam bahasa lain.
  2. Facebook belum mengumumkan sistem pembayaran atau payment system untuk membolehkan developer mengkomersialkan aplikasi mereka. Sementara itu, para developer telah mulai berusaha mengintegrasikan metode pembayaran mereka sendiri.
  3. Facebook menegaskan tidak ada iklan dibolehkan diluar halaman canvas aplikasi.
  4. Facebook belum mensupport OpenID, sementara Myspace sudah mengumumkan dukungan pd OpenID. Deveopler Third party belum perlu mengcustom kembali mekanisme login aplikasi mereka.


Twitter seakan menyeruak hadir dengan format yang berbeda. Konsep yang diusung oleh Twitter adalah menyebarkan informasi pesan secara singkat, padat dan real time di dalam kalimat kurang dari 140 karakter kepada pembacanya diseluruh dunia.
Pengguna Twitter dapat menyebarkan informasi pesan singkat melalui beberapa cara, bisa melalui situs Twitter sendiri, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter lainnya seperti Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser Firefox. Karena kandungan pesan yang singkat, Twitter dimasukkan dalam kategori mikroblog, yaitu sebuah media online yang memungkinkan penggunanya menuliskan informasi pesan secara singkat. Panjang pesan tersebut biasanya kurang dari 200 karakter.

Ide pembuatan media online Twitter adalah berawal dari pertanyaan sepele yaitu “Apa yang teman-teman lakukan saat ini ?”. Maka Twitter berupaya menjembatani pertanyaan tersebut kepada penggunanya dengan kembali bertanya “What are you doing?”. Jawaban itu akan disebarluaskan oleh Twitter melalui fasilitas antarmuka (dashboard) penggunanya. Twitter juga menyediakan aplikasi antarmuka tersebut tampil di website/blog penggunanya. Seperti yang Anda lihat aplikasi Twitter telah berada di website dan blog Bali Orange sebagai penyedia hosting Indonesia.

Jika layanan pesan berbasiskan SMS hanya mampu mengirimkan informasi kepada pengguna yang dikenal, maka Twitter bisa digunakan sebagai sarana penyebar informasi kepada semua orang baik yang dikenal maupun tidak, untuk memberitahukan keberadaan penggunanya. Penyampaian pesan dalam Twitter umumnya tanpa berharap mendapatkan balasan/respon dari pembacanya.
Contoh untuk urusan sosial, Twitter mampu memberikan informasi cepat tentang keberadaan kita atau yang akan kita lakukan. Misal “Aku mau makan malam ikan bakar nih, kalau ada yang mau ikut, nyusul aja ke Jl. Anu”. Orang lain yang menjadi pengikut Twitter kita akan mengetahui berita tersebut dan respon akan tercipta.
Untuk urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru atau posting blog terbaru dari sebuah perusahaan bahkan berinteraksi dengan konsumen. Twitter juga memudahkan kolaborasi internal dan komunikasi dalam sebuah kelompok.
Saat ini, layanan Twitter banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu pemerintah (misal Israel), organisasi (misal NASA), politikus (misal Barack Obama), selebritis misal Ashton Kutcher dengan nama akun aplusk, Samantha Ronson dengan nama akun jackdaniels9, Pete Wentz dengan nama akun ztnewetep, John Mayer dengan nama akun johncmayer, dan Demi Moore dengan nama akun mrskutcher. Mereka semua begitu rajin meng-update apa yang sedang mereka lakukan beberapa menit sekali.
Bali Orange juga menggunakan Twitter untuk memberikan status pelayanan secara real time baik itu kepada pelanggannya maupun kepada pengunjung website. Status informasi terkini kami tampilkan di website maupun blog ini. Twitter Bali Orange bisa diakses melalui situs Twitter secara langsung.

Sejarah Twitter

Twitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams pada bulan Maret tahun 2006. Dan baru diluncurkan bulan Juli ditahun yang sama. Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya.
Bagi Anda yang sudah biasa dengan dunia blog tentunya paham bahwa kita dapat menuliskan artikel ke dalam blog kita. Namun jangan membayangkan bahwa Twitter juga dapat melakukan hal tersebut secara bebas namun disinilah uniknya Twitter. Kita hanya dibatasi 140 karakter untuk menuliskan artikel, tidak bisa gambar dan video. Oleh karena itulah makanya Twitter digolongkan ke dalam jenis micro-blogging. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa orang Indonesia kurang menyukai jenis micro-blogging. Tapi justru itulah letak kekuatan dan kehebatan dari Twitter. Tapi jangan anggap enteng dulu Twitter, saat ini orang Indonesi sudah sangat banyak dan semakin bertambah.
Khusus buat Anda yang menjalankan bisnis online via Internet akan dapat memanfaatkan Twitter sebagai media promosi gratis yang cukup efektif, terutama apabila Anda bermain bisnis afiliasi dimana Anda butuh trafik kunjungan yang signifikan menuju blog Anda.

Cara Mendaftar Twitter

Seperti media sosial lainnya, Twitter adalah gratis. Cukup berbekal e-mail yang valid dan digunakan setiap hari sudah cukup untuk mendapatkan alamat Twitter. Anda jangan sampai mau ketinggalan dengan beberapa perusahaan besar seperti CNN, Google, Yahoo, Microsoft dan lain sebagainya yang sudah memiliki alamat twitter yang unik.
Adapun format alamat penamaan Twitter akan berupawww.twitter.com/namaanda. Sebuah penamaan yang cukup unik dan menarik apabila suatu ketika Anda ditanyakan oleh orang lain tentang alamat twitter Anda.

Mencari dan Mendapatkan Teman dari Twitter

Twitter memiliki beberapa istilah yang sangat populer yaitu Following danFollower. Following adalah member lain yang Anda ikuti atau tambahkan ke dalam daftar teman Anda. Sedangkan Follower adalah daftar member lain yang mengikuti atau menambahkan Anda ke dalam daftar temannya.
Setelah Anda sukses terdaftar segera masuk-log/login. Klik menu di bagian atas yaitu Find People, lalu klik pada submenu Suggested User. Cara ini khusus bagi Anda yang ingin cepat mendapatkan tambahan teman apabila Anda baru saja terdaftar. Dengan cara ini akan cukup efektif apabila Anda ingin segera mendapatkan teman sebanyak-banyaknya. Member lain pada Suggested Useradalah member pilihan dari Twitter dimana mereka sudah memiliki banyak sekali teman dalam sebuah jaringan yang luas.
Sepintas tampaknya Twitter adalah mikro blogging sekaligus situs jejaring sosial yang sederhana, namun justru karena kesederhanaannya itulah disukai banyak orang. Tapi jika Anda perhatikan baik-baik Twitter bisa bersaing denganFacebook yang memang saat ini menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia.
Pada tulisan kali ini saya akan memberitahukan kepada Anda bagaimana caranya membuat dan menggangi tampilan background Twitter Anda menjadi lebih menarik dan mengundang decak kagum kerabat dan teman baru Anda, bahkan orang-orang yang tidak mengenal Anda-pun menjadi ingin berteman dengan Anda.

Sekilas Mengenai Background Image Twtiter

Background image atau latar belakang gambar pada Twitter merupakan hal yang bisa Anda ganti sesuai dengan selera Anda. Saat ini tersedia beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan dengan gratis. Namun pilihan tersebut sangatlah terbatas jumlahnya, apalagi menurut saya desainnya terlalu monoton dan kurang menarik perhatian pengunjung halaman Twitter Anda.
Secara tidak langsung dengan mengganti background image pada Twittermaka Anda akan mendapatkan perhatian khusus oleh para pengguna Twitter lainya dan tidak menutup kemungkinan akan mengikuti (following) Anda. Jika tujuan Anda mendaftar di Twitter adalah untuk mendapatkan teman sebanyak-banyaknya maka cara ini cukup mengundang perhatian orang yang mampir ke halaman Twitter Anda.

Mencari dan Mengganti Background Image Halaman Twitter Anda

Yang pertama kali ingin saya kenalkan adalah mencari background image yang sudah tersedia di internet dan kebanyakan adalah gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Cara ini adalah langkah paling mudah yang bisa Anda lakukan jika ingin cepat menggantinya.
Carilah background image Twitter menggunakan Google, masukkan keyword/kata kunci “backgound twitter” atau “background image twitter”. Dalam sekejap Anda akan dihadapkan pada hasil pencarian yang cukup banyak, silakan pilih URL 1 hingga 10 pada halaman pertama yang benar-benar menyajikan background image Twitter secara khusus.
Dari semua website di atas menawarkan jasa penggunaan background mereka secara cuma-cuma hingga ada yang berbayar. Namun kesemuanya menawarkan kemudahan saat Anda ingin langsung menerapkannya sebagai background Twitter Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah username dan password pada Twitter.
Diantara website di atas ada juga yang hanya memberikan inspirasi kepada Anda beberapa contoh desain yang telah digunakan oleh orang yang mendesain gambar-gambar tersebut. Jika Anda menemukan website seperti ini harap diingat bahwa ini hanyalah desain inspirasi bagi Anda bukan untuk digunakan oleh Anda tanpa izin secara langsung dari si empunya.
Saya tidak akan menjelaskan secara lebih lanjut bagaimana caranya menerapkan background pilihan Anda untuk bisa langsung digunakan karena secara prinsip adalah sangat mudah, namun sedikit berbeda antara website yang satu dan lainnya.

Membuat Background Image Twitter Sendiri

Jika Anda adalah ahli desain komputer grafis tentunya tidak akan pernah mau menggunakan background buatan orang lain. Akan lebih mantab dan memiliki makna dan kepuasan tersendiri apabila mampu membuatnya.
Anda harus membuat sebuah file gambar berekstensi .jpg/.gif/.png. Ukuran minimal tinggi dan lebarnya adalah 600 x 1000 pixel. Sebetulnya ukuran ini sifatnya adalah relatif, namun ini adalah ukuran minimal yang saya sarankan dan ukuran tinggi dan lebar dapat dibuat sama. Jangan lupa yang terpenting adalah ukuran dari file gambar Anda tidak lebih dari 800 Kb (Kilobyte), jika lebih Twitter akan menolaknya.
Setelah berhasil dibuat, saatnya memasang background kreasi Anda. Login-lah terlebih dahulu pada Twitter, klik pada menu Settings yang ada di bagian atas atau header lalu klik pada tab Design.
Pada bagian atas tersedia desain yang sudah disediakan oleh Twitter, dan dibagian bawah ada menu untuk mengganti background buatan Anda sendiri. Silakan klik pada menu Change Background Image, akan muncul sebuah baris isian dimana Anda bisa mengunggah atau upload file berekstensi seperti di atas dengan ukuran maksimal 800 Kb tadi, lalu klik tombol Save Changes.
Perhatikan opsi Tile Background, fungsinya adalah untuk membuat gambar pilihan Anda menjadi berulang-ulang sesuai ukurannya. Hal ini sama dengan saat Anda yang biasa mengganti background sistem operasi Microsoft Windows.
Apabila sukses maka background Twitter Anda akan segera berganti sesuai yang Anda inginkan. Jika masih belum sesuai tampaknya Anda masih perlu memperbaiki tata letak, warna dan lain sebagainya. Hal ini bisa dilakukan pada menu Change Design Colors yang ada dibagian kanan menu sebelumnya. Agar tampilan background lebih cocok Anda perlu mengaturnya sedemikian rupa hingga sesuai dengan background hasil kreasi Anda. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan pada menu Change Design Colors adalah sebagai berikut:

Tips Khusus

Jika Anda meletakkan objek gambar dibagian kiri atau kanan halaman utama Twitter, maka Anda wajib perhatikan ukurannya, jangan terlalu lebar ke arah kanan jika objek diletakkan di sebalah kiri. Sebaliknya jangan terlalu lebar ke arah kiri jika objeck gambar diletakkan di bagian kanan halaman.
Anda harus tahu bahwa tiap-tiap orang menggunakan resolusi layar yang berbeda. Saat ini sedikitnya resolusi ini adalah 1024 x 768 pixel adalah yang paling minimal digunakan oleh banyak komputer, jadi pastikan bahwa desain Anda akan tampil sesuai dengan yang Anda inginkan pada ukuran resolusi apapun.
Jangan meletakkan objek gambar khusus di bagian tengah halaman karena objek tersebut tidak akan tampil karena tertutup halaman utama update Twitter Anda.
Demikian tulisan saya semoga bermanfaat bagi Anda para pengguna Twitter, jangan lupa untuk ikuti update terbaru dan jadikan SejutaBlog sebagai teman Anda di Twitter.
Banyak jejaring sosial yang semakin populer di dunia maya alias internet. Populernya jejaring ini karena mudahnya mencari teman dan saling berbagi tanpa melihat perbedaan waktu, tempat, dan juga budaya. Diawali dengan booming Friendster dan MySpace, lalu populernya Facebook yang langsung disukai karena kesederhanaan layout dan pilihan untuk berkoneksi. Kali ini nampaknya Twitter yang sedang jadi jawara di kalangan para selebritis Hollywood. Bahkan menurut Wikipedia, Twitter sekarang telah menjadi situs jejaring sosial terbesar ketiga setelah Facebook dan MySpace. Tapi apa sih sebenarnya Twitter itu?
Jejaring pertemanan berlogo burung berwarna biru ini sebenarnya sama saja dengan jejaring sosial lainnya. Bedanya, Twitter adalah sebuah layananmicroblogging di mana anggotanya bisa menjawab pertanyaan "Apa yang sedang kamu lakukan?" dengan mengirimkan pesan singkat terbatas hanya sampai 140 karakter.
Format jawaban pendek yang disebut dengan tweet itu menunjukkan karakteristik layanan yang diberikan oleh Twitter yang merupakan keunggulannya dibanding situs lain. Twitter memudahkan disampaikannya informasi singkat dan padat tanpa harus capek-capek mengirim SMS atau e-mail. Keunggulan lainnya adalah kita bisa berbagi informasi dengan orang-orang lain di luar kontak HP atau e-mail kita. Tentu saja, hal ini bisa membuat lingkaran teman kita lebih banyak, lebih luas, dan kita bisa bergabung ke dalam komunitas orang-orang yang lebih besar dan cepat berkembang.
Menggunakan layanan Twitter pun tampaknya jauh lebih mudah daripada layanan jejaring pertemanan lainnya. Kita bisa mengirimkan pesan singkat kita melalui beberapa cara, bisa melalui situs Twitter secara langsung, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter lainnya seperti Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser Firefox.
Lalu, sebenarnya apa sih yang membuat Twitter menjadi begitu populer? Sepertinya karena Twitter bisa dimanfaatkan untuk berbagai penggunaan, apakah itu untuk urusan pribadi ataupun untuk urusan bisnis.
Twitter bisa digunakan sebagai sarana yang hebat untuk terus berhubungan dengan teman-teman kita. Kita bisa memberikan informasi dengan cepat tentang keberadaan kita ataupun apa yang akan kita lakukan. Misalnya, kita bisa menulis, "Aku mau makan teriyaki di resto Jepang nih, ada yang mau ikutan nggak?" Dan kita tinggal menunggu teman-teman kita memberi respons pada tweet kita (alias memberi RT, Response Tweet).
Untuk urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru atau posting blog terbaru dari sebuah perusahaan bahkan berinteraksi dengan konsumen. Twitter juga memudahkan kolaborasi internal dan komunikasi dalam sebuah kelompok.
Saking mudahnya penggunaan Twitter, sampai-sampai pemerintah Israel pun mengumumkan secara resmi bahwa mereka akan melakukan konferensi pers via Twitter sejak 30 Desember tahun lalu. Tak main-main, NASA juga menggunakan Twitter untuk memberi berita terbaru mengenai penemuan air di Mars pada Oktober 2007 silam. Bahkan, Presiden Amerika, Barack Obama, juga punya akun di Twitter yang bebas diikuti.
Tak hanya para eksekutif dan politikus saja yang menggunakan Twitter, selebritis pun tak mau ketinggalan memanfaatkan jejaring ini untuk berhubungan dengan teman, fans, dan keluarga. Bahkan mencari opini fans tentang lagu yang pas untuk dimasukkan ke album the best seperti yang dilakukan manajemen




keypress dan even lain yang dikenali oleh JavaScript.BERNIAT UNTUK PENGETAHUAN BERSAMA.MARI CERDASKAN BANGSA.!!!sumber : duniahacker24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar